welcome


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Senin, 10 Januari 2011

pengertian manajemen


Tugas ke 3
Manajemen/Pengantar manajemen


                                    PENGERTIAN MANAJEMEN

Manajemen dalam bahasa Inggris artinya to manage, yaitu mengatur atau mengelola. Dalam arti khusus bermakna memimpin dan kepemimpinan, yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mengelola lembaga atau organisasi, yaitu memimpin  dan menjalankan kepemimpinan dalam organisasi. Orang yang memimpin organisasi disebut manajer.

Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia secara efektif, yang didukung oleh sumber-sumber lainnya dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian ini, ada dua sistem yang terdapat dalam manajemen, yaitu sistem organisasi dan sistem manajerial organisasi.
Sistem organisasi berhubungan dengan model atau pola keorganisasian yang dianut, sedangakan sistem manajerial berkaitan dengan pola-pola pengorganisasian, kepemimpinan, dan kerjasama yang diterapkan oleh pada anggota organisasi.


Banyak ahli memberikan pengertian tentang manajemen,diantaranya:
1).  Melayu S.P. Hasibuan dalam manajemen, dasar, pengertian, dan masalah, ia mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan tenaga dan profesionalitas orang lain.
      2).     Mary Parker Follet mengatakan bahwa manajemen adalah suatu seni karena utuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus, terutama keterampilan mengarahkan, mempengaruhi, dan membina pada pekerja agar melaksanakan keinginan pemimpin demi tercapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
      3).     Menurut Horold Koontz dan Cyril O’Donnel, manajemen adalah usaha untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
      4).     G.R. Terry mengatakan bahwa manajemen merupakan salah satu proses khas yang terdiri atas tindakan –tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan penendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
      5).     Menurut Andrew F. Sikula manajemen, sebagai seni dan ilmu keduanya dipadukan dalam rangka mengarahkan dan mempengaruhi orang lain untuk mengarahkan rencana pemimpin dan mencapai tujuan keinginan pemimpin organisasi baik dalam arti yang luas maupun yang sempit.
      6).     James A.F. Stoner yan mendefinisikan manajemen sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengginaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan oraganisasi yang telah ditetapkan.
                

         Semua pengertian yang dikemukakan oleh para pakar manajemen menjadi kunci utama dalam melanjutkan pemahaman substansial dari manajemen,sebagaimana akan diuraikan tentang manajemen pendidikan yang siafatnya lebih aplikatif dan operasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar